.

Ini Keuntungan Investasi Syariah

ROMADHON.ID, TANJUNG ENIM - BAGI seorang muslim, menjalankan syariat merupakan hal penting, tak terkecuali dalam berinvestasi. Nah, saat ini investasi syariah menjadi solusi yang tepat di tengah maraknya berbagai pilihan investasi. Apalagi, investasi jenis ini juga memberikan beragam keuntungan yang tidak bisa ditemukan pada investasi konvensional.

Semakin hari beragam produk syariah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan terus berkembang. Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda berinvestasi sesuai dengan syariah:

1. Halal dan sesuai syariat Islam

Hal pertama dan paling penting adalah kesesuaiannya dengan aturan syariat agama Islam yang tidak dimiliki oleh investasi konvensional. Investasi ini memenuhi berbagai kriteria, termasuk di antaranya adalah memiliki barang halal, dilakukan dengan cara halal, serta digunakan secara halal.

Seluruh transaksi keuangan dalam investasi Syariah selalu berlandaskan syariat Islam. Dengan kata lain, setiap transaksi seperti jual beli menggunakan akad syariah dan terbebas dari unsur-unsur haram, seperti perdagangan produk minuman keras, obat terlarang atau permainan uang (money game).

2. Bebas riba

Sebagai umat muslim harus selektif dalam memilih produk investasi. Tak sedikit masyarakat beralih memilih investasi syariah karena ancaman riba. Praktik riba ini erat kaitannya dengan bunga yang ditetapkan secara sepihak oleh pengelola keuangan kepada para nasabah/anggotanya.

3. Lebih aman karena bebas praktik gharar dan masyir

Praktik Gharar adalah sistem yang tidak terbuka kepada nasabah. Menurut id.wikipedia.org bahwa Gharar dapat berupa suatu akad yang mengandung unsur penipuan karena tidak adanya kepastian, baik mengenai ada atau tidaknya objek akad, besar kecilnya jumlah, maupun kemampuan menyerahkan objek yang disebutkan di dalam akad tersebut. Tata kelola sesuai syariah menggunakan sistem yang terbuka diawal, pada saat akad maupun penyaluran dana.

Agar terbebas dari praktik masyir, traksaksi jual beli harus riil, artinya produk yang ditransaksikan nyata dan tidak ada permainan semata-mata untuk mengambil keuntungan saja.

4. Memberikan manfaat sosial

Hal yang tidak kalah penting, investasi syariah juga memberikan manfaat besar secara sosial. Keberadaannya bisa membantu para pengusaha dalam memperluas usahanya. Keuntungan finansial diperoleh, pahala juga didapatkan. Sehingga tidak seperti investasi konvensional yang fokus utamanya pada keuntungan masing-masing pihak.

Hanya saja, Anda perlu berhati-hati dalam memilih. Tidak jarang, ada pula pihak secara sengaja menggunakan label syariah sebagai sarana penipuan. Jadi, waspada dalam berinvestasi merupakan hal yang mutlak.

Saat ini banyak lembaga keuangan yang menawarkan produk syariah kepada masyarakat, dan salah satunya adalah Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Shakira Artha Mulia. Koperasi milenial di Purwakarta ini hadir menawarkan produk-produk syariah dengan sistem pengelolaan yang canggih, aman, tanpa riba, milik bersama dan cashless society.

Dengan aneka kemudahan yang ditawarkan, Anda dapat memperhitungkan kelancaran investasi Anda di masa depan. Prinsip-prinsip syariah senantiasa KJKS SAM pegang teguh sehingga Anda dapat berinvestasi dengan aman, nyaman, halal dan keuntungan pun tetap bisa Anda dapatkan.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Keuntungan Investasi Syariah"

Post a Comment