.

10 Manfaat Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Bagus Untuk Kecantikan Alami

ROMADHON.ID, TANJUNG ENIMSELAIN puasa yang diwajibkan bagi seluruh umat Muslim, Islam juga menganjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah. Puasa sunnah ini berguna untuk menambah kekurangan-kekurangan yang terdapat pada puasa wajib. Selain itu, dengan mengerjakan puasa, seseorang dapat menahan hawa nafsu dan godaan duniawi.

Beberapa puasa sunnah tersebut telah dicontohkan Rasulullah semasa hidupnya. Namun salah satu puasa sunnah yang sering dikerjakan Rasulullah adalah puasa Senin Kamis. Saat berbicara puasa sunnah, masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal tentang amalan puasa Senin Kamis. Sayangnya, masih banyak umat Islam yang hanya tahu sedikit manfaat puasa Senin Kamis ini.
Umumnya, orang hanya tahu manfaat puasa Senin Kamis untuk mendapatkan jodoh, mendapat nilai yang bagus saat ujian, lulus sekolah, atau melamar pekerjaan. Padahal, manfaat puasa Senin Kamis ini sangat banyak, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan. Jika tahu manfaat puasa Senin Kamis yang begitu besar, pasti banyak yang berlomba untuk mengerjakannya.
Ada beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang mungkin bisa memacu semangat Anda untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Anjuran puasa Senin Kamis dapat dilihat dari kisah yang diriwayatkan Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, beliau lantas menjawab:
“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim)
Keutamaan lain puasa Senin Kamis juga ada di dalam hadis yang disampaikan Abu Hurrairah radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ” Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)
Dari Abu Harrairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ” Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai’.” (HR. Muslim)
Jika Anda ingin mencontoh perilaku Rasulullah, maka hadis berikut ini sebaiknya juga diperhatikan.
Dari Aisyah, dia berkata: ” Adalah Nabi Sholallahu ‘alaihi wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadis ini dishahihkan Al-Albani)
Hadis lain yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim menyebutkan adanya pintu Surga di hari Kiamat yang dibuat khusus untuk orang-orang yang rajin puasa.
“Sesungguhnya di Surga ada satu pintu yang namanya ‘Ar-Rayyan’ yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari Kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka. Jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR. Bukhori dan Muslim)
Manfaat puasa Senin Kamis ternyata dapat meningkatkan kestabilan kondisi tubuh, baik mental maupun spritual. Dengan menjalankan puasa Senin Kamis kita juga bisa mendapatkan kecantikan secara alami. Berikut 11 manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan dan kecantikan,

1Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan adalah mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkannya bukan hanya dengan berolahraga saja
Anda juga harus berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluaran racun bisa melalui keringat, urine, atau saat buang air besar. Manfaat puasa Senin Kamis memang dipercaya ampuh untuk mengeluarkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.

2Meremajakan kulit

Manfaat puasa Senin Kamis yang kedua untuk kecantikan adalah meremajakan kulit. Sel kulit manusia yang telah mati perlu diganti atau dengan kata lain diremajakan kembali. Kamu tidak perlu bantuan produk atau obat tertentu yang harus dikonsumsi. Cukup hanya melakukan puasa Senin Kamis secara rutin.
Mengapa puasa Senin Kamis bisa meremajakan kulit? Itu berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa. Ketika metabolisme tubuh berhenti saat berpuasa, sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.

3Mengencangkan kulit

Manfaat puasa Senin Kamis berikutnya untuk kesehatan adalah mengencangkan kulit. Banyak yang bertanya, apa hubungannya antara puasa Senin Kamis dengan mengencangkan kulit?
Seperti halnya peremajaan kulit, saat berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang.

4Menurunkan kadar lemak

Salah satu manfaat puasa Senin Kamis adalah menurunkan kadar lemak dalam darah. Lemak memang dibutuhkan tubuh. Namun, jika lemak dalam tubuh berlebihan akan mengundang penyakit datang. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan.
Ada tiga cara yang sangat efektif untuk menurunkan kadar lemak, yaitu berolahraga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, dan melakukan puasa Senin Kamis. Ketiga cara itu jika dilakukan dengan benar, dijamin akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Akibat positifnya, tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

5Membuat jiwa dan perasaan jadi tenang

Bagi yang sudah sering puasa Senin Kamis biasanya dapat lebih mengendalikan pikiran dan perasaannya. Sebagai contoh, dengan puasa Senin Kamis, seseorang dapat lebih bersabar dan mengendalikan pikiran kotor atau negatif.
Pikiran yang terkendali akan membuat jiwa dan perasaannya jadi tenang. Bagi yang selama ini selalu dihantui rasa takut, stres, depresi, atau mengarah pada gangguan kejiwaan. Cobalah menjalankan puasa Senin Kamis agar pikiran dan jiwa lebih tenang.

6Dapat mengendalikan hawa nafsu

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengendalikan hawa nafsu. Mereka yang sering melakukan puasa Senin Kamis lebih mampu mengendalikan hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati dan pikirannya.

7Sebagai ladang untuk beramal

Manfaat puasa Senin Kamis selanjutnya adalah sebagai ladang untuk beramal. Orang yang terbiasa puasa Senin Kamis akan lebih meningkat amal ibadahnya. Misalnya, memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, atau kepada anak-anak yatim. Orang tersebut yakin banyaknya amal ibadah saat puasa Senin Kamis, akan berdampak pada berlipatgandanya pahala yang didapat. Itulah efek positif secara tidak langsung yang dapat diraih setiap orang yang puasa Senin Kamis.

8Mengistirahatkan organ pencernaan

Seperti halnya mesin kendaraan, sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal. Jika mesin dijalankan tapi pernah istirahat tentu akan merusak komponen atau ‘sparepart’ yang menyusun mesin itu sendiri.
Begitu pula dengan organ atau sistem pencernaan dalam tubuh yang membutuhkan istirahat agar bisa bekerja dengan baik. Perawatannya berupa istirahat bekerja sejak pagi Subuh hingga Maghrib selama dua hari dalam seminggu. Selain berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, istirahat ini juga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

9Melatih kepekaan sosial

Salah satu manfaat puasa Senin Kamis adalah untuk melatih kepekaan sosial atau terhadap lingkungan sekitar. Saat menjalankan puasa Senin Kamis, pasti akan merasakan lapar dan haus yang sangat.
Seperti itulah yang dirasakan oleh banyak orang miskin dan tidak mampu. Untuk mengisi perut agar tetap bisa hidup, mereka terkadang mengemis atau memungut makanan sisa dari tumpukan sampah. Oleh karena itu, orang yang biasa berpuasa Senin Kamis lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitar. Rasa ini menjadi lebih besar saat orang yang berpuasa tersebut mengalami rasa lapar dan haus, seperti yang dirasakan orang-orang miskin.

10Melatih diri untuk berdisiplin

Dengan berpuasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam segala hal. Karena merasa selalu diawasi Allah SWT sehingga setiap tindakan yang dilakukan selalu disertai dengan mawas diri. Dampaknya, orang yang biasa puasa Senin Kamis akan mampu menghindari segala hal-hal yang nantinya dapat menimbulkan dosa.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Bagus Untuk Kecantikan Alami"

Post a Comment