.

4 SURAT DALAM AL-QUR’AN DAN KEUTAMANNYA YANG PERLU KITA KETAHUI

ROMADHON.ID, TANJUNG ENIMAl-qur’an diwahyukan Allah kepada penutup kita Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi wa Salam sebagai kitab terakhir untuk bekal umat Muslim hingga akhir zaman. Sesungguhnya keseluruhan isi Al-qur’an itu sendiri sudah istimewa, namun ada juga beberapa surat dalam Al-Qur’an yang memiliki keutamannya tersendiri apabila dibaca secara rutin dan terutama jika dimalkan.


Berikut ini 4 surat dalam Al-Qur’an dan keutamannya yang perlu kita ketahui.

Surat Yasin

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya setiap sesuatu mempunyai hati dan hati Al-quran itu ialah Yasin. Sesiapa membaca surat Yassin, niscaya Allah menuliskan pahalanya seperti pahala membaca Alquran sebanyak 10 kali.”
Sabda Rasulullah SAW:
“Apabila datang ajal orang yang suka membaca surat Yassin pada setiap hari, turunlah beberapa malaikat berbaris bersama Malaikat maut. Mereka berdoa dan meminta dosanya diampunkan Allah, menyaksikan ketika mayatnya dimandikan dan turut menyembahyangkan jenazahnya.”

Surat Ar-Rahman

Rasulullah saw bersabda:
“Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187).

Surat Al-Mulk

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Satu surat dalam Alquran (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafa’at (dengan izin Allah Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat Al Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Surat Al-Waqiah

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:
“Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 SURAT DALAM AL-QUR’AN DAN KEUTAMANNYA YANG PERLU KITA KETAHUI"

Post a Comment