.

10 Destinasi Wisata Halal Dunia Untuk Wisatawan Muslim

ROMADHON.ID, TANJUNG ENIMLembaga pemeringkat wisata, Crescent merunut daftar destinasi wisata halal untuk para wisatawan Muslim. Destinasi-destinasi tersebut, antara lain:

  1. Australia
Hampir semua kota-kota besar di Australia menawarkan fasilitas halal untuk wisatawan Muslim. Baik itu di Sydney, Melbourne atau Gold Coast, turis Muslim dijamin tidak akan kekurangan makanan halal atau akses menuju tempat ibadah. Saat ini sudah banyak biro perjalanan di Indonesia yang menawarkan paket Umroh plus wisata Muslim ke Australia.
  1. India
Kendati tidak tercatat sebagai negara Muslim, jumlah populasi penduduk beragama Islam di India termasuk yang tertinggi di dunia. Salah satu tujuan wisata paling populer buat wisatawan Muslim adalah kuil Hazratbal di Srinagar. Kuil yang juga memiliki sebuah masjid ini memiliki secuil rambut yang diyakini milik Nabi Muhammad SAW.
  1. Hong Kong
Sebanyak enam masjid besar tersebar di Hong Kong. Salah satunya, masjid Jamia yang berlokasi tak jauh dari stasiun kereta api utama. Pemerintah setempat mencatat terdapat 44 restoran halal yang terus diawasi produk makanannya. Kebanyakan adlah restoran kebab dan pizza.
  1. Tanzania
Bersafari di Taman Nasional Serengeti atau bersantai di pulau Zanzibar adalah dua daya tarik wisata Tanzania. Negeri di selatan Afrika ini juga tergolong ramah untuk wisatawan Muslim. Banyaknya penduduk beragama Islam di Tanzania menjamin ketersediaan masjid dan rumah makan halal. Terlebih, belakangan agen-agen perjalanan lokal sudah mulai menawarkan paket safari halal untuk pelancong Muslim.
  1. Jerman
Muslim di Jerman sebagian besar diwakili oleh imigran Turki. Sebab itu tidak sulit menemukan kedai kebab atau masjid besar, kendati kebanyakan berbahasa Turki. Di Jerman, kemanapun anda pergi, entah itu mengagumi pegunungan Alpen di selatan atau singgah di Berlin dan Hamburg, tempat ibadah dan makanan halal tidak pernah jauh dari jangkauan.
  1. Bosnia Herzegovina
Negara di tenggara Eropa ini berkenalan dengan Islam lewat ekspansi Kesultanan Utsmaniyyah di Turki. Bosnia banyak menjaring wisatawan Muslim yang ingin menyaksikan jejak perang melawan Serbia yang banyak menghancurkan situs-situs Islam bersejarah. Saat ini ada lusinan agen perjalanan yang menawarkan paket wisata khusus untuk wisatawan Muslim.
  1. Thailand
Sejak tiba di bandara Suvarnabhumi, para pelancong sudah mendapatkan fasilitas ruang shalat atau restoran halal. Kendati mayoritas rakyatnya beragama Budha, namun Thailand adalah negeri yang ramah terhadap wisatawan Muslim. Di Bangkok saja terdapat setidaknya 100 masjid.
  1. Afrika Selatan
Islam pertama kali berjejak di Afrika Selatan lewat budak asal Indonesia yang dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda. Sejak itu Islam terus berkembang dan kini mewakili 1,5% dari total populasi. Tidak heran jika wisatawan Muslim mudah menemukan restoran halal dan tempat ibadah di kota-kota besar. Afsel juga mempunyai lembaga sertifikasi halal sendiri yang mengawasi produk makanan dan restoran.
  1. Singapura
Singapura menduduki peringkat pertama sebagai negara non Muslim yang paling ramah untuk wisatawan Muslim. Selain makanan dan minuman halal, akses menuju tempat beribadah adalah kriteria utama dalam menentukan tujuan wisata halal terbaik di dunia.
  1. Inggris
Dengan populasi Muslim lebih dari dua juta orang, Inggris menyediakan berbagai fasilitas halal untuk wisatawan Muslim. Banyaknya jenis makanan halal yang berasal dari Timur Tengah adalah salah satu keunggulan utama negara kepulauan di Eropa ini. Selain itu, menemukan masjid di kota-kota besar bukan hal yang sulit. Di Birmingham saja terdapat lebih dari 150 masjid
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Destinasi Wisata Halal Dunia Untuk Wisatawan Muslim"

Post a Comment